Senin, 26 Mei 2008

MENINGKATKAN CITRA DEPARTEMEN KEUANGAN

Pentingnya komunikasi bagi manusia tidaklah dapat dimungkiri begitu juga halnya bagi suatu organisasi. Dengan adanya komunikasi yang baik suatu organisasi dapat berjalan lancar dan berhasil begitu pula sebaliknya, kurang atau tidak adanya komunikasi organisasi dapat macet atau berantakan. Komunikasi yang efektif adalah penting organisasi, oleh karena itu, para pimpinan organisasi dan komunikator dalam organisasi perlu memahami dan menyempurnakan kemampuan komunikasi mereka.
Penyampaian informasi sangat penting sekali bagi jalannya komunikasi organisasi di Sekretariat Jenderal Departemen Keuangan, dalam menyampaikan informasi yang penting untuk mengambil keputusan dalam pelaksanaan pekerjaan biasanya dibicarakan atau di musyawarahkan dengan atasan langsung atau informasi tersebut disampaikan dahulu kepada kepala biro baru kepala biro memberikan kepada tersebut kepada Menteri. Untuk meningkatkan citra positif maka instansi atau perusahaan, dalam hubungan yang baik dengan media akan memudahkan pengkomunikasian berita-berita yang tidak diinginkan oleh instansi, misalnya mengenai krisis yang melanda sebuah organisasi, penanganan berita melalui media
massa yang kurang cermat akan berdampak pada akibat yang merugikan. Manfaat media terasa amat dibutuhkan, dalam membuat berita yang berimbang serta dilandasi sifat jujur, saling percaya dan saling menghormati. Sehingga suatu citra dalam lembaga ini bisa meningkatkan citranya kepada masyarakat.
Strategi yang baik juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk merumuskan tolak ukur untuk menilai kinerja organisasi, pimpinan dan anggota organisasi. Konflik dalam organisasi sering terjadi karena tidak ada kesamaan persepsi tentang biasa disebut berhasil atau gagal. Setiap organisasi memiliki strategi untuk meningkatkan motivasi karyawan. Strategi ini biasanya sudah dirancang oleh para pimpinan dan dijadikan acuan dalam setiap melakukan suatu pekerjaan.

Tidak ada komentar: